Sunday, July 27, 2014

Sedap Malam di Malam Lebaran

Pasar Kembang Rawa Belong sudah terkenal di Jakarta. Para pecinta bunga potong akan menyambangi pasar yang berada di Jalan Sulaeman, di kawasan Rawa Belong, Jakarta Barat ini. Selain tempatnya lumayan nyaman, halaman parkir luas, juga bunga yang dijual lumayan lengkap seperti melati, krisan, dan yang paling banyak diburu di malam lebaran adalah bunga sedap malam.

Ternyata ada kisahnya, mengapa warga  Betawi sering membeli sedap malam setiap menjelang Lebaran. Konon, sebenarnya ini tradisi China atau Belanda. Tapi, sebagai warga yang terbuka, masyarakat Betawi sudah terbiasa mengadopsi budaya-budaya luar dan dicampur dengan budaya setempat.

Tidak heran bila setiap menjelang Lebaran, Rawa Belong menjadi sasaran warga yang ingin membeli sedap malam. Sejak malam bahkan dinihari warga sudah mendatangi pasar tersebut. Harga kembang ini terus naik seiring dengan hari makin larut. Jadi, bila membeli di pagi hari masih agak murah. Harga akan merangkak naik seturut hari menjelang sore dan malam hari. Semakin malam semakin mahal. Tapi begitu memasuki subuh, atau beberapa jam menjelang sholat Idul Fitri harga kembali turun.

Sedap malam yang dijual di Rawa Belong biasanya diambil dari Cipanas atau Bandung, Jawa Barat. Wanginya yang semerbak memang menjadi tanaman favorite setiap rumah tangga. Wanginya kembang ini memang tidak akan tercium saat di ruang terbuka, apalagi bila belum banyak yang berkembang. Namun saat sudah di bawa ke dalam ruangan semerbaknya akan menyengat. Menurut para pedagang, wangi dan kekuatan bunga sedap malam bertahan hingga empat hari. Jadi lumayanlah, untuk memberi kesegaran kepada para tamu di hari raya.

No comments:

Post a Comment